Selasa, 22 Mei 2012

test psikotest

Psikotes konsep dan contoh test karyawan (base on pengalaman) parSaya mau cerita sedikit mengenai psikotes untuk karyawan (base on pengalaman), bagaimanapun "hunuslah pedangmu sebelum berperang" kalau anda blank sekali mengenai psikotes untuk penyeleksian karyawan, sebaiknya anda ikuti cerita saya, selama 4 bulan menggeluti dunia psikologi, juga berdiskusi dengan HRD/Mahasiswa yang masih belajar (theory) dan lulusan psikologi, disini yang akan saya sedikit ceritakan mengenai "Pola standard psikotest (mungkin ga ya berubah?) untuk calon karyawan". ok langsung pada pokok permasalahan :


1. Logical Test (test logika) Kuantitatif Deret angka hurup
Mungkin untuk anda yang suka dan gemar bahasa pemograman (komputer) ini hanya hal biasa (juga yang seneng aritmetika) tapi untuk orang yang baru saja mengetahui logical test tsb mungkin bingung, apa yang harus dijawab? gimana? 6 9 12 15 Makanan apa ini?

Contoh : (ini hanyalah beberapa contoh logical test)
  • A, C, F, J, O, .....
  • 9, 16, 25, 36, ......
  • 9, 9, 6, 9, 3........
  • 9, 13, 16, 20, 23, 27, .....
  • 3, 5, 13, 4, 6, 14, 5, 7, 15,...
Gimana tuh jawabnya?
A, C, F, J, O, 
Polanya 1234/B,DE,GHI,KLMN anda pasti sudah bisa jawab apa hurup yang harus dijawab selanjutnya

dan untuk contoh selanjutnya anda sudah pasti bisa menjawabnya, yang pasti perhatikan dahulu POLA dari soal Tsb. ingat waktu anda hanya beberapa menit saja untuk menjawab persoalan-persoalan psikotest tersebut, dahulukanlah soal-soal yang memang Pola soal tersebut mudah/cepat dimengerti,

Note:Apabila ada POLA pertanyaan yang memang rumit dan susah sekali untuk dimengerti (menurut anda), tinggalkan saja (jangan di isi dengan jawaban yang asal (tapi tergantung anda juga :))) jawaban yang anda salah jawab akan mengurangi point jawaban benar anda.

2.Logika Penalaran (apalagi ini?)
Anda akan disuguhkan Makanan gambar yang bertubi-tubi yang terlihat rumit. Lihat contoh gambar disebelah, rumitakan? (ga X)
POLA untuk kasus penjawaban psikotest ini  mudah bila anda sudah mengetahui Polanya. untuk kasus POLA gambar diatas 1+1=2 gambar1 ditambah gambar2 sama dengan gabungan dari gambar 1 dan 2. Asal anda mengerti dengan benar pola yang telah saya sebutkan, mungkin pertanyaan-pertanyaan yang lainnya juga akan dengan mudah anda jawab (kasusnya tidak akan terlaulu jauh dari basic gambar diatas) use your imagination konsentrasi dan teliti sebelum membeli. yang penting anda paham mengenai Pola basic-nya.

3. Analogy Verbal Test
Kalau anda pintar dengan berbahasa Indonesia, mungkin persoalan analogy verbal test bukan merupakan masalah besar, Belajar Sinonim juga antonim suatu kata.

Contoh Antonim (lawan kata)
STABIL >< (sisi disini)  a. Labil   b. Hancur   c. Rusak   d. Kacau

Contoh Psikotes Untuk Korelaksi makna
Perusahaan - Karyawan = Sekolah - (isi Disini)   a. Pengawas   b. Pelajar   c. Ujian   d. Kelas

Pasti sudah mengerti ya (easy kan :)
ini untuk mengetes anda dalam kemampuan memahami permasalahan.

4.Test Kraeplin atau juga Pauli
Gamabar di pinggir merupakan Test Kraeplin Pauli, kalau anda pintar di tambah-tambahan ini test ini mudah, namun anda tetap harus teliti dan cepat, test ini untuk memonitor/mengukur kestabilan kita dalam bekerja. akan ada HRD yang "me-marathonkan" kita dalam pengisian soal tersebut, ingat yang penting konstan/Stabil jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah setiap beberapa detik kita akan disuruh Pindah ke baris selanjutnya dan selanjutnya, terus menerus sampai lembar Kraeplin tersebut beres. tenang aja, dalam test in ini HRD akan memberikan contoh dan melakukan latihan dahulu sebelum memulai mengisi jawaban. Test ini bukan masalah besar, hanya mesngisi angka belakangnya saja contoh jawabannya 10, nah yang di isi hanya 0 saja, lihat saja contoh dipinggir, mudah kan?

5. Wartegg Test ( ada sambal apa aja tuh?)
Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.
Mau memanipulasi Soal ini? jangan! setiap pribadi kita berbeda-beda, tapi untuk sedikit referensi (ni ga pernah gagal lho lol) inget apapun gambarnya yang penting "Arti dari gambar tersebut"
ini dulu yang saya pakai untuk Psikotes tersebut (base on my immagination (tukang ngarang) hahaha)

1. jam Dinding
2. Pohon Beringin (Golkar Haha) pohon beringin artinya "dalem"
3.Kota di pagi hari yang cerah nya matahari
4. (sebenernya ga nyambung) jendela lengkap( kotak hitamnya jadi 4 tambahin pintu) dengan pintu
Ada yang ga tahu artinya kata-kata ini "Feel like home, Im Coming back home,Home sweet home"
5. Penunjuk arah (panah Miring ke kanan) Improvisasi saja, Up Up Up..
6. Transfortasi (mobil :)) Hasil dari kesuksesan
7.Kupu-Kupu Butterfly Metamorposis
8.Biasanya ada yang gambar payung (haha itu terlalu USSUAL) buatlah sebuah telur yang sedang menetas ( A new life begin)
Disambung-sambungin saja semuanya (meskipun tak nyambung lol)

Tidak ada komentar: